Tim PPKO FEB

RESMIKAN APLIKASI TIRTANADI, FEB UDINUS BERIKAN SOLUSI PENGELOLAAN BILLING AIR

Usai merancang aplikasi e-billing system untuk pembayaran tagihan air warga, Tim Penguatan Kapasitas (PPK) Ormawa berhasil launching aplikasi bernama Tirtanadi. Aplikasi yang sudah resmi diluncurkan itu akan dimanfaatkan langsung oleh warga Desa Kalisidi, mulai Rabu, (06/10/2022). Aplikasi Tirtanadi itu  dirancang oleh 14 mahasiswa Himpunan Mahasiswa Manajemen (HMM), Program Studi (Prodi) S-1 Manajemen Udinus. Guna menjawab masalah pengelolaan billing air di desa yang berlokasi di kecamatan Ungaran Barat. Dimana pendataan masih dilakukan secara manual dengan mendatangi rumah warga satu persatu untuk mengedarkan tagihan air bersih.  

Peresmian aplikasi dilakukan secara simbolis oleh Wakil Rektor III BIdang Kemahasiswaan Udinus, yang didampingi oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Udinus, Dr Yulita Setiawanta, S.E., M. Si., Ak., CA., CPA., CSRA., serta Ketua Prodi S-1 Manajemen Udinus, Dr. Mahmud S.E, M.M. Dosen Pembimbing tim PPK Ormawa HMM Udinus, Suhita Whini Setyahuni, S.E., M.Ak., menjelaskan bahwa launching aplikasi sebagai langkah untuk mengenalkannya kepada warga desa Kalisidi. Penandatanganan MoU juga dilakukan dengan Desa Kalisidi untuk menjadi desa binaan dari FEB Udinus.  “Kerja sama ini kami lakukan agar tim PPK Ormawa HMM Udinus bisa secara berkala memonitoring progress dari penggunaan aplikasi Tirtanadi. Serta memantau permasalahan apa yang akan timbul di sektor lainnya,” jelasnya. 

Dari Desa Kalisidi rombongan disambut langsung oleh Kepala Desa, Dimas Prayitno Putra, Camat Ungaran Barat, Drs. Lalu Muhammad Maladi, bersama Wakil Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Retna Prasetijawati, S.H., M.M. Kepala Desa, Dimas Prayitno Putra berharap aplikasi yang dirancang oleh mahasiswa Udinus bisa memberikan manfaat bagi petugas pengelola air bersih. Sehingga bisa dilakukan dengan lebih efisien dan efektif. Sedangkan para pengguna bisa mengetahui informasi tagihan air setiap bulannya dengan mudah. “Dengan adanya aplikasi ini kami juga berharap warta Desa Kalisidi bisa lebih melek teknologi. Dapat terus berkembang mengikuti perkembangan zaman dan pada akhirnya mampu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk kemudahan lain,” tutupnya. Aplikasi berbasis Android dirancang agar user-friendly, dengan berbagai fitur utama yang ditawarkan seperti info tagihan air dan pengingat tagihan bulanan untuk warga. Dalam aplikasi ini juga terekam nama warga dan data pemakaian air yang dapat dilihat kapan saja dimana saja. (Humas Udinus/Haris. Foto: Dok. FEB)