Tim PPKO FKES

Melalui Pelatihan Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Fakultas Kesehatan (FKes) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang siap tingkatkan perekonomian di wilayah Wonolopo. Dalam pelatihan tersebut bekerja sama dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlingungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jateng.  Kegiatan pengabdian masyarakat di wilayah Kecamatan Mijen, Kota Semarang itu, secara resmi melaunching Green House, Omah Edukasi, dan Cafe Jamu Omah Ampiran. Serta melaksanakan pembukaan pelatihan yang diikuti warga sekitar yang berlokasi di Balai Kelurahan pada Sabtu, 30 September 2022.  

Pada kesempatan itu acara dibuka secara langsung oleh Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M dan dihadiri oleh  Dekan Fakultas Kesehatan, Enny Rachmani, S.K.M, M.Kom., Ph.d. Turut hadir pula Dosen Pembimbing Tim PPK Ormawa DPM FKes, Ika Pantiawati, S.SiT., M.Kes., dan para mahasiswa yang tergabung di tim tersebut. Hadir pula beberapa perwakilan dari DPRD Prov Jateng III, Kepala Camat Mijen, Kepala Lurah Wonolopo, dan beberapa dosen FKes Udinus serta mahasiswa tim PPK Ormawa lainnya. Pada kesempatan itu juga dilakukan kerja sama antara Udinus dengan DP3A Provinsi Jateng. Kerja sama itu sebagai upaya pemberdayaan perempuan di bidang ekonomi hingga pola asuh anak. 

Pada paparannya, Kepala DP3AKB Provinsi Jawa Tengah, Dra. Retno Sudewi, Apt., M.Si., M.M.,  mengatakan kerja sama antara Udinus dan DP3AKB sangatlah menarik. Hal itu dikarenakan kerja sama tersebut membahas mengenai isu pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan. Kegiatan itu juga melakukan pendampingan yang dilakukan oleh mahasiswa dalam menjalankan program tersebut.  “Merupakan pengabdian masyarakat, yang menarik bagi kami adalah tentang perempuan. Supaya perempuan-perempuan kita berdayakan, keinginan kami juga peduli pada perempuan,” paparnya. 

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Dr. Kusni Ingsih, M.M., mengatakan para mahasiswa nantinya akan terjun langsung ke masyarakat dalam program PPK Ormawa. Ungkap Kusni, melalui program tersebut mahasiswa mendapatkan platform untuk mengasah softskill nya di masyarakat. “Harapan kami ketika sudah lulus nanti dapat terjun langsung di lingkungan masyarakat dan memberikan dampak yang positif,” tutupnya.   Usai peresmian PPK Ormawa DPM FKes di Wonolopo, seluruh peserta melakukan peninjauan di Green House, Omah Edukasi, dan Cafe Jamu Omah Ampiran. Mereka juga dapat mengicipi langsung jamu ramuan yang diracik oleh warga sekitar bersama mahasiswa FKes Udinus. (Humas Udinus/Alex. Foto: Humas Udinus)